Event

E-Library Tingkatkan Minat Literasi

e library

JAGA BAIK-BAIK: Gubernur Distrik 3420 Rotary Club Hermanto Angka (kanan) memberikan bantuan fasilitas perpustakaan kepada sepuluh kepala SMA/SMK kemarin.

SURABAYA – Upaya menanamkan melek literasi pada kalangan akademisi terus dilakukan. Salah satunya yang dilakukan Rotary Club Surabaya Darmo kemarin (30/7). Mereka menggandeng Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur untuk memberikan fasilitas penunjang perpustakaan kepada sepuluh SMA/SMK di Surabaya.

Sepuluh sekolah penerima Global Grant Rotary itu adalah SMAN1,2,5,10,11,14,17,20,SMA Al Furqon, dan SMKN 12. Seluruh sekolah tersebut menerima bantuan dalam bidang literasi. Baik secara fisik maupun perangkat lunak. ”Kami buatkan sistem berbentuk e-library untuk memudahkan mencari buku atau jurnal yang diinginkan,” ujar Gubernur Distrik 3420 Rotary Hermanto Angka.

Untuk bantuan fisik, lembaga nirlaba tersebut memberikan fasilitas sofa, rak buku, dan beberapa perangkat komputer. Bukan hanya itu, sejumlah bantuan berupa pelatihan soft skill turut diberikan. ”Kami adakan pelatihan menulis untuk guru dan siswa. Juga pelatihan debat dan public speaking,” imbuhnya.

Program tersebut akan diadakan selama beberapa bulan. Di akhir pelatihan, akan diadakan lomba untuk tiap-tiap kategori pelatihan. Gunanya adalah mengukur sejauh mana manfaat yang diterima para peserta. Khusus untuk pelatihan menulis, tiap sekolah akan diwajibkan menerbitkan satu buku. ”Jadi, ada sepuluh buku yang ditulis anak-anak SMA/ SMK ini,” pungkas Hermanto.

Kepala Dispendik Jatim Saiful Rachman mengapresiasi bantuan tersebut. Menurut dia, sejak mendapat kewenangan mengurus jenjang sekolah SMA/ SMK, banyak PR yang harus dituntaskan.Termasuk membangun budaya literasi. ”Meski dana kami jumlahnya mencapai Rp 10,3 triliun, terasa kurang untuk bidang pendidikan,” ujar Saiful.

Selain di Surabaya, Kadispendik Jatim meminta Rotary memperluas jangkauan aksinya. Terutama untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

FOCUS 5. Pendidikan Dasar dan Melek Huruf (Basic Eduction and Literacy)
Enam puluh tujuh juta anak di seluruh dunia tidak memiliki akses ke pendidikan dan lebih dari 775 juta orang di atas usia 15 yang buta huruf. Tujuan kami adalah untuk memperkuat kapasitas masyarakat untuk mendukung pendidikan dasar dan melek huruf, mengurangi disparitas gender dalam pendidikan, dan meningkatkan keaksaraan orang dewasa.

INTERACT

interact

ROTARACT

rotaract

RYLA

ryla

RYE

yep